Hadapi UNAS dengan MABIT

mabitMenjelang UNAS, senin 9 Mei 2016 pada umumnya siswa siswi akan sibuk belajar dengan tekun di rumah. Namun Kamis, 5 Mei 2016 SMPIT Bina Insani justru masih berkegiatan di sekolah. Bina Insani punya cara yang berbeda dengan sekolah lain dalam menghadapi Ujian Akhir Nasional. Sudah menjadi budaya di Bina Insani bahwa MABIT adalah upaya final para guru untuk mempersiapkan siswa-siswi nya dalam menghadapi UNAS.

Tidak hanya di tingkat SD tapi juga SMP.
Mabit merupakan malam bina iman dan taqwa yang dilaksanakan sehari semalam untuk mempersiapkan mental dan ruhiyah para anak didik. Pada kegiatan mabit kali ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Karena SMPIT Bina Insani kedatangan tamu Bu Venna Melinda, anggota DPR RI Komisi X dan juga Bapak Heri perwakilan dari Dinas Pendidkan Kota Kediri. Bu Venna dan Pak Heri memberikan motivasi kepada para siswa untuk meraih cita-cita setinggi mungkin dengan jujur dan berbekal iman dan taqwa.
Pada kegiatan mabit mereka tidak melulu belajar dan belajar lagi namun lebih ditekankan kepada persiapan mental dan ruhiyah. Bagaimana anak didik bisa menghadapai UNAS dengan baik, jujur tanpa takut ataupun grogi dan menyerahkan sepenuhnya pada Sang Penguasa. Hampir bisa dipastikan 100% semua siswa siswi SMPIT Bina Insani mulai dari angkatan pertama sukses menghadapi UNAS dengan jujur. Ketika salah satu siswa ditanya “mengapa kamu bisa mendapatkan nilai 10 bulat di UNAS? apakah kamu rajin belajar?”. Siswa tersebut menjawab, “itu karena kuasa Allah karena saya sering berinfaq dan tahajud.”
Begitulah mental dan ruhiyahnya yang ditekankan oleh para pengajar di Bina Insani terutama pada kegiatan MABIT. Kegiatan ini ditutup dengan doa bersama. Dalam doa bersama ini juga dihadiri oleh orang tua siswa yang ikut mensupport mereka.