Berawal dari permainan, kita jadikan sumber pengetahuan

Pada asik ngapain sih? Kok lempar-lempar botol?
Sssstttt…. Sini ikutan main, kami sedang belajar tentang gaya gravitasi. Gaya gravitasi adalah gaya yang disebabkan oleh gaya tarik yang dihasilkan oleh bumi. Gaya gravitasi ini akan menyebabkan semua benda yang berada di permukaan bumi selalu tertarik menuju bumi. (Sumber: Tematik Terpadu Kelas 4)
Permainan dimulai dengan memilih dua siswa untuk bertanding (saya memilih satu laki-laki dan perempuan yang jago melakukan flipping bottle). Sebelum pertandingan dimulai, saya membagikan surat votting untuk setiap siswa guna memilih siapa yang mereka pikir akan menang dan mengamati apa yang akan terjadi pada botol saat dilempar. Kemudian mereka memulai tantangan. Siswa yang lain berkerumun di sekitar untuk menonton pertandingan sengit ini.
Heii… Itu sangat menyenangkan (Ya, bahkan untuk saya).
Setelah pertandingan selesai dan dimenangkan oleh perwakilan siswa laki-laki, saya mengajak mereka untuk menyimpulkan bottle flip yang telah dilakukan. “Ketika botol dilempar, peristiwa apa ya yang terjadi?” “Botolnya jatuh ke lantai Ust”, Teriak salah satu siswa bersemangat.
“Tepat sekali, botol yang dilempar ke atas pasti akan jatuh ke bumi. Peristiwa ini adalah salah satu contoh gaya gravitasi. Gaya yang disebabkan oleh gaya tarik yang dihasilkan oleh bumi”, Terang saya.
Dari permainan yang sering siswa lakukan, guru bisa mengarahkan pada praktik baik dalam pembelajaran di kelas. Belajar dengan melibatkan siswa secara langsung akan memudahkan mereka dalam memahami materi. Sebab, Allah sudah memberi kita kemudahan untuk belajar ilmu pengetahuan, bahkan dari hal sederhana di sekitar kita. So, gali sikap kritis dan kreativitas kita, maka Allah pun akan memberi banyak inspirasi melalui semesta-Nya.

Nb. Kegiatan dilakukan sebelum terdampak pandemi virus covid-19

Sabtu, 14 Maret 2020
Dyah Alkhasan & My Kiddos 4 Ahmad Dahlan

Karya Ustadzah SDIT Bina Insani Kediri
___________________________________________________________
Untuk Ayah Bunda yang menginginkan putra putrinya bersekolah di salah satu sekolah terbaik di Kediri Segera daftarkan putra putri Ayah Bunda di Bina Insani sebelum kuota terpenuhi, karena kuota sangat terbatas 😊😊 PPDB Bina Insani Kediri – Cerdas Mulia Berjaya Bersama Al-Quran
___________________________________________________________
Link pendaftaran : http://www.ppdb.binainsanikediri.com
___________________________________________________________
Jangan lupa Follow dan share kami di :
instagram @binainsanikediri
facebook binainsanikediri.binainsanikediri
fans page humasbinainsanikediri
youtube binainsanikediri
website binainsanikediri.com
Like, share, dan tag temanmu sebanyak-banyaknya. .
#binainsani #binainsanikediri #ppdbbi #ppdb2020 #PPDBBinaInsani2020 #ppdbbinainsanikediri #BinaInsaniSekolahKehidupan #paudbinainsanikediri #paudbinainsani #paudbinainsanikweden #paudbinainsanimojoroto #tkitbinainsanikediri #tkitbinainsanikweden #raitbinainsanikediri #raitbinainsanimojoroto #sditbinainsanikediri #sditbinainsanikweden #sditbinainsanilirboyo #smpitbinainsanikediri #mahadbinainsanikediri #smpitbinainsani #mahadbinainsani #kediri #sitkediri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*