Super Seru dan Meriahnya Family Gathering di SDIT Bina Insani Kota Kediri

SDIT Bina Insani Kota Kediri kembali menggelar acara Family Gathering (FG) My Family My Adventure untuk kedua kalinya dengan bertema “Growth Together” di

Bendungan Gerak Waru Turi pada tanggal 19 Maret 2017. Siswa beserta keluarganya masing-masing sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.
Sebelum acara tersebut dilaksanakan semua panitia telah menyiapkan jauh-jauh hari agar acara tersebut berjalan dengan lancar. Persiapan acara tersebut yaitu mempersiapkan kostum yang akan digunakan pada acara tersebut, pembagian kelompok dalam satu tim yang terdiri dari 20 orang dan setiap kelompok harus membuat yel-yel.
Acara tersebut di buka oleh ketua Yayasan Bina Insani dan sambutan Kepala Sekolah serta pengumumman rundown FG. Selanjutnya setiap kelompok menuju ke pos untuk melakukan games yang sudah dipersiapkan oleh panitia. Di Pos awal setiap kelompok membuat yel-yel dan mempresentasikan yel-yelnya serta setiap peserta harus memakai kain yang bertuliskan nama kelompoknya. Setiap kelompok akan di beri pengarahan sebelum melakukan games family yang sudah di persiapkan di setiap pos. Setiap Pos games yang dipermainkan berbeda, yaitu:
1. Pos 1 : Transfer Tepung
Games ini bertempat di Timur Kolam, games nya menggunakan tepung, piring kecil, gelas bekas aqua, dengan ketentuan waktu 5 menit/kelompok dan dengan kriteria banyaknya tepung yang tersisa.
2. Pos 2 : Bridge for Kids
Games ini bertempat di Patung Jerapah, games nya menggunakan tongkat kayu (20×3=60 buah), dengan kriteria kecepatan.
3. Pos 3 : Tafidz Race
Games ini bertempat di Gazebo Utara Patung Jerapah, games nya Print Out tulisan QS An Naba tiap kelompok (untuk skoring), dengan kriteria kelancaran menghafal.
4. Pos 4 : Baloon Race
Games ini bertempat di Lapangan Utara, games nya menggunakan balons, garis start-finish, dengan kriteria kecepatan.

5. Pos 5 : Water Run
Games ini bertempat di Kolam, games nya menggunakan gelas berlubang, botol bekas air mineral, dengan ketentuan waktu 5 menit/kelompok dengan kriteria banyaknya air yang terkumpul.

Setiap games yang telah dipermainkan dalam setiap pos-pos maka setiap peserta yang telah berhasil mengumpulkan point tertinggi akan mendapatkan hadiah. Pemberian hadiah ini, ternyata orang tua ikut berpartisipasi untuk memberikan hadiah dan door prize. Partisipasi dari orang tua ini sangat membantu kegiatan tersebut, sehingga semua kegiatan dalam satu hari dapat berjalan dengan lancar. Orang tua sangat senang dan bersemangat mengikuti kegiatan tersebut dan berharap agar kegiatan tersebut tetap berlangsung, karena dengan adanya kegiatan tersebut memberikan kesempatan untuk keluarga bisa berkumpul ketika hari libur.
Pengalaman yang dapat diambil dalam kegiatan tersebut, yaitu:
1. Orang tua ternyata sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.
2. Dukungan dari orang tua sangat besar terhadap anak-anaknya, sehingga membuat anak-anaknya merasa diperhatikan.
3. Kebersamaan antara orang tua dan anak sangat dibutuhkan .
4. Dengan kegiatan diluar sekolah, anak-anak bisa merasakan variasi dalam belajar, sehingga tidak hanya belajar dikelas saja.
5. Orang tua sangat mendukung adanya kegiatan tersebut.

Kontributor: Mahasiswa PPS STAIN Kediri