SKAL (Studi Kenal Alam dan Lingkungan) SMP IT Bina Insani


Trip On Train SMP IT Bina Insani Goes to Jakarta – Bogor – Bandung.
Senin, 23 Juli 2018 SMP IT Bina Insani melaksanakan SKAL (Studi Kenal Alam dan Lingkungan) yang diikuti oleh seluruh siswa, siswi, perwakilan staff dan guru SMP IT Bina Insani dengan tujuan Kota Jakarta, Bogor, dan Bandung.

Dihari pertama perjalanan SKAL SMP IT Bina Insani dimulai dengan berkunjung ke Masjid Istiqlal, Monas, dan Museum Bank Indonesia yang semuanya berlokasikan di Jakarta. Pada hari pertama seluruh rombongan dapat mempelajari perjuangan para pendahulu negara Indonesia tercinta untuk membuat negera Indonesia merdeka dari para penjajah.

Pada hari kedua sebelum melanjutkan perjalanan di Kota Bogor seluruh rombongan melakukan Qiyamul Laili, Sholat Subuh berjamaah, membaca alma’tsurat bersama, dilanjutkan dengan mendengarkan taushiyah dari ust Triman mengenai “Hikmah Orang yang Melakukan Perjalanan” dan tak lupa untuk sarapan bersama sebelum melajutkan perjalanan di Kota Bogor. Lokasi yang menjadi tujuan rombongan di Kota Bogor tidak kalah mengesankannya dengan hari pertama dimana para rombongan diajak untuk mengenal lebih dekat Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasin), Museum Istana Kepresidenan, Taman Safari Indonesia. Masyaa Allah, Indonesia memang negara yang kaya akan kekayaan alamnya dan yang menarik perhatian adalah kutipan kecil kalimat dari para Presiden RI dimulai dari Presiden pertama RI hingga terakhir seperti:

1. “Jas merah, jangan sekali kali meninggalkan sejarah.” (Ir. Soekarno, 17/08/1966),
2. “Hanya sebutir pasir yang dapat kami beri untuk memperkokoh pondasi Negara Republik Indonesia.” (H.M. Soeharto, 17/8/1945)
3. “Indonesia harus mengandalkan pada sumber daya manusia yang berbudaya, merdeka, bebas, produktif, dan berdaya saing tinggi.” (B J Habibie, 1998-1999)
4. “Tidak ada kekuasaan yang layak dipertahankan dengan pertumpahan darah.” (KH Abdurrahman Wahid, 2001)
5. “Bendera telah aku kibarkan pantang surut langkahku walau tinggal sendirian.” (Megawati Soekarnoputri, 1993)
6. “Kekuasaan itu menggoda, gunakan dengan penuh amanah untuk kepentingan Bangsa.” (Susilo Bambang Yudhouono, 2014)

Setelah mempelajari sejarah dan tapak tilas para presiden RI terdahulu rombongan melanjutkan perjalanan ke Taman Safari para rombongan dimanjakan dengan atraksi gajah-gajah Sumatra yang pintar serta pemandangan yang Masyaa Allah indahnya setelah puas di Taman Safari Indonesia perjalananpun dilanjutkan ke Kota Bandung melewati puncak.
Di kunjungan kekota terakhir yaitu kota Bandung para rombongan mengunjungi Sygma (Syamil Quran) disana para rombongan belajar bagaimana cara menghafal Quran dan mengenal bagaimana pembuatan Al-Quran juga buku anak-anak “Muhammad teladanku” dll. Masyaa Allah, semua yang berhubungan dalam proses pembuatan Quran diwajibkan untuk menjaga wudhu. Semua bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Al-Quran dari lem dan bahan lainnya dipastikan halal, serta proses pembuatannyapun dilakukan diatas meja dan tidak ada yang menyentuh lantai.

Setelah meihat proses pembuatan Al-Quran rombongan melanjutkan perjalanan ke Observatorium Boscha disana para rombongan melihat proses kerjanya teropong paling besar yang dimiliki oleh negara Indonesia, kegiatan di kota Bandung juga dihibur dengan jalan-jalan menikmati skywalk Cihampelas sekaligus memberli oleh-oleh untuk keluarga dirumah. Perjalanan dilanjutkan ke Masjid Raya Bandung, Gedung Sate dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Dengan diadakannya SKAL ini semoga siswa siswi SMP IT Bina Insani dapat mengambil nilai-nilai pengetahuan mengenai sejarah para pahlawan negara Indonesia dan pengetahuan alam yang berguna untuk hari esok.