Raker dan Family Gathering

Mengawali semester genap tahun ajaran 2016-2017 Yayasan Bina Insani (YBI) menggelar rapat kerja dan family gathering (raker dan FG) pada 2-3 Januari 2017 di Kota Batu. Raker dan FG ini diikuti oleh seluruh guru dan karyawan di Bina Insani beserta seluruh keluarganya. Raker dan FG dimulai pada pukul 06.00 dengan sarapan bersama di SDIT Bina Insani Kweden kemudian bersama-sama berangkat menuju Kota Batu dengan mengendarai 2 bis dan beberapa mobil serta motor.

Setibanya di Kota Batu acara diawali dengan sholat dhuhur berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan dan sambutan-sambutan dan dilanjutkan dengan rapat kerja oleh seluruh unit hingga sore menjelang magrib. Dalam sambutannya Ustad Astocha, Ketua YBI menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya untuk para suami/istri dan keluarga dari staff Bina Insani yang telah rela mengijinkan suami/istri/ayah/ibu nya untuk berlama-lama bekerja di Bina Insani sehingga mengurangi jatah waktunya untuk keluarganya dirumah.
Setelah sambutan, kemudian dilanjutkan dengan taujih motivasi oleh pembina YBI yang disampaikan oleh Ustad Imron Muzakki. Berikut ini tausyiah motivasi yang disampaikan oleh beliau:

4 hakekat besar kehidupan memerlukan 4 sikap dasar kehidupan

Empat hakekat besar tersebut adalah:
1.Misi hidup “given” dari Allah
2.Umur kita sbg misteri
3.Peta potensi yg nisbi
4.Lingkungan yg ditakdirkan

Empat sikap dasar:
1.menyadari misi hidup
2.Menentukan umur efektif
3.Mengembangkan potensi berkembang lbh
4. Momentum.

*Learning is behaviour Change.
*Belajar adalah perubahan perilaku.
(Charles Jennings)

Proses terjadinya belajar di Otak
Otak kita memiliki bermilyar neuron. Harus ada lompatan dari sinaps yg satu ke sinaps lainnya. Ada celah. Dan itu hrs dilompati, seperti melompati antara tebing yg satu ke tebing lainnya. Berbagai cara akan dikerahkan agar sampai. Stlh sampai akan mudah.
Jika tdk dilakukan, ya tetap di satu tebing saja. Serasa nyaman tetapi sebenarnya tdk py byk pengalaman, ilmu, dan kesuksesan yg bertambah tambah.

Karakter menurut Imam Al Ghazali.
Akhlak adalah suatu bentuk (naluri asli) dlm jiwa seseorang yg dpt melahirkan suatu tindakan dan kelakuan dg mudah dan sopan tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.

Keunggulan itu adalah Kebiasaan
Kita adalah apa yg kita kerjakan berulang ulang.

3 hal karakter yg kita lakukan:
1. Keikhlasan
2. Ihsan
3. Istiqomah

~Serasa selalu bersama dan dlm pengawasan Allah SWT (ikhlash)
~Memberikan yg terbaik/profesionalismean(Ihsan)
~Seperti sebuah mesin berbunyi, maka mesin akan panas, shg siap bekerja. Shg meningkatkan sesuatu..bukan itu2 saja. Tetapi ajeg , Istiqomah utk berkontribusi. Melakukan terus menerus dan meningkat (Istiqomah).

Setelah sesi motivasi, acara dilanjutkan dengan rapat kerja seluruh unit dengan mempresentasikan hasil pra raker sebelumnya yang dilaksanakan pada jumat-sabtu akhir desember lalu. Presentasi program unggulan masing-masing unit ini akhirnya selese pada sore hari menjelang magrib. Alhamdulillah saat ini banyak dari program unggulan sekolah Bina Insani yang dijadikan rujukan oleh sekolah-sekolah lain. Meskipun demikian Bina Insani tidak menjadikan sekolah-sekolah tersebut sebagai rival. Karena Bina Insani Kediri kini telah mempunyai target lebih besar yaitu bersaing dengan sekolah lain di negeri sebelah. Semoga bisa go internasional ya ^_^
Setelah sholat magrib dan isya (jamak qosor) dan makan malam, alhamdulillah seluruh rombongan (*yang berminat) berkesempatan berlibur di wahana wisata Batu Night Spectacular (BNS).

Hari kedua dimulai pada sepertiga malam terakhir, kegiatan diawali dengan sholat tahajud berjamaah dilanjutkan dengan sholat subuh dan tausyiah serta dzikir almatsurat. Kemudian dilajutkan dengan senam untuk menggerakkan raga agar sehat. Setelah senam, kegiatan dilanjutkan dengan acara outbond dan sarapan bersama.