Meriahnya Kegiatan Tengah Semester di SDIT Bina Insani Kweden

Kegiatan Tengah Semester (KTS) merupakan bagian dari kegiatan penilaian di sekolah, ibarat dua sisi mata uang, keduanya harus dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku, KTS bukanlah ulangan tengah semester / ulangan mid semester. Meskipun secara umum ada kesamaan kedua kegiatan tersebut beda bentuk pelaksanaan kegiatannya. Kesamaannya yaitu dilaksanakan sekolah oleh para guru dengan melibatkan siswa. Sedangkan perbedaannya yaitu terletak pada tujuan dan fungsi.
Dalam mengisi kegiatan KTS maka SDIT Bina Insani Kweden menyelenggarakan kegiatan selama 5 hari. Para siswa-siswi dan orang tuanya sangat berantusias dalam kegiatan ini. Adapun rangkaian kegiatan KTS sebagai berikut :

1. Senin (20 Maret 2017) kelas 1-6 mengikuti kegiatan lomba karnaval ceria dan lomba tahfidz. Kegiatan ini akan dimulai pukul 07.00-12.00. Untuk menunjang kegiatan ini maka baju menyesuaikan kesepakatan walas dan pendamping.
2. Selasa (21 Maret 2017) kelas 1-2 mengikuti kegiatan lomba memakai kaos kaki dan mengikat tali sepatu, kelas 3,4,5 (putri) mengikuti kegiatan perang dakon dan kelas 3,4,5 (putra) mengikuti kegiatan festival layang-layang. Kegiatan ini akan dimulai pukul 07.00-12.00. Untuk menunjang kegiatan ini maka baju yang digunakan dengan menggunakan baju bertema tradisional,
3. Rabu (22 Maret 2017) kelas 1-6 mengikuti kegiatan pensi (pentas seni islami). Kegiatan ini akan dimulai pukul 07.00-12.00. Untuk menunjang kegiatan ini baju yang digunakan baju muslim bebas, jika kaos harus ada kerahnya, apabila bajunya bergambar maka gambarnya harus positif, tidak boleh memakai celana pensil dan harus bersepatu.
4. Kamis (23 Maret 2017) kelas 1-6 mengikuti kegiatan latihan pensi (pentas seni islami). Kegiatan ini akan dimulai pukul 07.00-12.00 (untuk kelas 1-2) dan mabit disekolah (untuk kelas 3-6). Untuk menunjang kegiatan ini baju yang digunakan baju muslim bebas, jika kaos harus ada kerahnya, apabila bajunya bergambar maka gambarnya harus positif, tidak boleh memakai celana pensil dan harus bersepatu.
5. Jum’at (24 Maret 2017) kelas 1-6 mengikuti kegiatan pensi (pentas seni islami), kelas 3-6 mengikuti kegiatan Muqoyam Al-Qur’an, kelas 3-5 mengikuti kegiatan penempuhan SKU pramuka. Kegiatan ini akan dimulai pukul 07.00-10.30 (untuk kelas 1-6) dan 13.30-18.30 (untuk kelas 3-6). Untuk menunjang kegiatan ini maka bajunya menyesuaikan kesepakatan walas dan pendamping (untuk kelas 1-6), rincian kegiatan dan perlengkapan menyusul (untuk kelas 3-6).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi anak didik dalam rangka pengembangan pendidikan seutuhnya. Oleh karena itu, kegiatan yang diselenggarakan ini diarahkan untuk mengembangkan bakat, ketrampilan, prestasi dan kreativitas siswa. Melalui kegiatan ini maka dapat mengembangkan dan menumbuhkan potensi global pendidikan dan pembelajaran, antar lain motivasi, kebersamaan tanggung jawab, kedisiplinan, kepemimpinan dan kompetensi sehat.

Kontributor: Mahasiswa PPS STAIN Kediri