Mengapa Sekolah di Bina Insani Kediri?

Sebuah pertanyaan yang hampir setiap kali observasi calon siswa baru selalu dilontarkan kepada orang tua, “mengapa menyekolahkan ananda di Bina Insani Kediri?”. Puji syukur pada Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karuniaNya yang menjadikan Bina Insani dengan segala keterbatasannya kini menjadi sekolah yang bonafit dan dipercaya masyarakat dapat mencetak generasi siswa yang religius, berakhlak mulia, cerdas secara fikriyah dan ruhiyah.

Hampir semua orang tua siswa memberikan jawaban atas pertanyaan itu

sama, yakni ingin agar anak-anaknya menjadi anak yang tidak hanya cerdas akalnya tapi juga cerdas secara spiritul dan berjiwa Rabbani. Berjiwa Rabbani disini dalam artian siswa dapat melaksanakan ibadah-ibadah dengan kesadaran sendiri tanpa harus diperintah.

Terbukti pada suatu sore yang kala itu sedang hujan deras, sembari menunggu jemputan dari orangtua, beberapa siswa SD yang belum dijemput melaksanakan sholat Ashar. Karena daripada lama menunggu kakak kelas nya yang SMP yang hendak sholat juga, mereka mengerjakan sholat Ashar sendiri secara berjamaah. Siswa yang laki-laki pun sudah paham bahwa dirinya layak menjadi imam bagi teman-temannya yang perempuan sehingga ia berinisiatif menjadi imam pada sholat Ashar kali itu. Subhanallah tanpa ada yang menyuruh dan mengkomando mereka sudah sadar sendiri untuk melaksanakan ibadah sholat dan mereka pun faham bagaimana posisi sholat yang lebih mulia : berjamaah.