Bina Insani Juara 2 Lomba Inovasi Pendidikan 2017

Bimbingan konseling merupakan salah kegiatan penting dalam menciptakan pendidikan berkarakter terutama pada jenjang SMP dimana siswa sedang berada di puncak rasa keingintahuan. Salah satu guru yang konsen pada bimbingan konseling siswa-siswi SMPIT Bina Insani Kediri adaalah Ustadzah Titik. Beliau bernama lengkap Titik Poejiati, S.PD, M.PD.
Beliau menilai bahwa kegiatan bimbingan konseling klasikal harusnya mempunyai

kebermaknaan “nyampai” atau mengena pada seluruh siswa dikelas. Namun selama ini pada realitanya ternyata belum bisa terdeteksi dengan menyeluruh. Selain itu bimbingan konseling klasikal selama ini juga dirasa kurang memberikan umpan balik (data) yang akurat, rapi, dan berkesinambungan.
Itulah beberapa sebab yang menjadi ide dasar munculnya adanya ALIRAN RASA dalam kegiatan Refleksi di saat bimbingan konseling klasikal. Oleh karena itu beliau mencoba menuangkannya dalam karya ilmiah berjudul Aliran rasa sebagai wujud refleksi diri dalam kegiatan bimbingan konseling di SMPIT Bina insani Kediri. Dan alhamdulillah karya ilmiah ini berhasil menjadi pemenang juara 2 kategori inovasi karakter jenjang SMP dalam LOMBA INOVASI PENDIDIKAN 2017 yang diadakan oleh Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF).